Membuat Gambar Kolase Untuk Anak Usia Dini

Gambar Kolase

Gambar kolase untuk anak usia dini – Jadi hari Sabtu lalu, tepatnya tanggal 5 mei 2019. Saya  mengikuti suatu kegiatan kelompok yang pesertanya merupakan orangtua dan anak. Nama kegiatannya Bermain Bersama.Bisa kepoin IG nya deh.

Sudah sejak lama sih saya pengen ikutan kegiatan seperti ini, tapi sayangnya kok ya jauh-jauh lokasinya.

Jadi Ini pertama kalinya saya ikut kegiatan Bermain Bersama seperti ini dan juga merupakan kegiatan perdana kelompok ini melakukan meet up untuk bermain bersama. Jadi mumpung ada waktu, lokasi juga tidak jauh dan biaya murah, saya coba ikutan.

Eh ternyata seru loh. Tema Bermain Bersama saat itu adalah membuat gambar kolase hewan  (collage).   

Kelompok Bermain Bersama

Apa itu kolase ?

Dikutip dari situs Wikipedia. Kolase  adalah suatu komposisi artistic yang dibuat dengan menggunakan berbagai ragam bahan, seperti kertas, kain,kayu,kaca, logam dan lainnya untuk kemudia ditempelkan pada permukaan suatu bidang gambar.

Sederhananya, kolase adalah suatu karya seni dua dimensi yang menggunakan berbagai macam bahan.

Lain hal penjelasan yang saya berikan ke Emil yang suka bertanya “ main kolase itu apa?” saya jawab “ mainan tempel tempel kertas “ hihihi..

Manfaat Bermain Kolase

Seingat saya, dulu ketika SD saya pernah ditugaskan membuat kolase dari potongan kertas berwarna. Gambar yang saya kolase adalah gambar guci.

Sungguh itu menuntut kesabaran dan konsentrasi, yang pada akhirnya saya meminta bantuan tante untuk membuat kolase tersebut, karena mata saya sudah tak kuat menahan kantuk.

Dalam pikiran saya, bagaimana agar pekerjaan kolase tersebut selesai, tanpa berfikir atau peduli manfaatnya apa.

Ternyata bermain kolase  itu ada manfaatnya terutama untuk balita dan anak-anak, seperti :

  1. Melatih motorik halus
  2. Melatih konsentrasi
  3. Meningkatkan kreativitas
  4. Mengenal warna dan bentuk
  5. Mengasah kecerdasan spasial
  6. Melatih ketekunan
  7. Meningkatkan kepercayaan diri
  8. Melatih memecahkan masalah
membuat kolase

Langkah Langkah Membuat Kolase Hewan

Dengan mengambil tempat sedikit ke sudut saya dan Emil duduk berhadapan. Di depan kami tersedia :

  1. Kertas amplop berisi media tempel gambar kolase bebek
  2. Lem
  3. Potongan tissue
  4. Cat air warna kuning
  5. Potongan kertas
  6. Mata boneka
  7. Kuas

Cara Membuat Gambar Kolase:

  1. Remas remas tisu hingga menggumpal. Meremas tissue ini bermanfaat untuk melatih motorik halus si kecil.
  2. Menempelkan remasan tissue dengan menggunakan lem ke dalam bidang gambar yang tersedia.
  3. Setelah remasan tissue tertempel semua. Celupkan kuas ke dalam cat air / pewarna, kemudian tap-tap di atasnya, hingga semua tissue rata dengan warna.
  4. Tempel potongan kertas berbentuk rumput di bawah badan bebek.
  5. Tempel mata boneka di kepala bebek
  6. Selesai

Bermain kolase seperti di atas menurut saya  sangat mudah dilakukan bersama di rumah. Bisa juga dijadikan kegiatan menarik anak TK

Pertama.

Gunakan bahan yang ada di rumah. BIsa dengan menggunakan biji-bijian, kertas bewarna, kapas, kancing baju, kain dll.

Selain itu juga mengajarkan anak memanfaatkan benda yang tidak terpakai menjadi suatu seni / bentuk yang indah.

Kedua.

persiapkan peralatan kolase. Seperti gunting kertas, lem, dan media datar ( karton, kertas )

Kolase juga bermnafaat melatih motorik halus anak. Seperti meremas dan menempel, mata, tangan dan jari jemarinya untuk mengoleskan lem untuk merangkai, menyusun dan menempel.

Ketiga.

Siapkan gambar yang disukai untuk dikolase

Untuk anak yang masih belajar / usia dini. Berikan sketsa gambar sederhana seperti kolase hewan atau kolase bunga, sesuai minat mereka.

Keempat.

Dampingi anak ketika bermain kolase

Tentunya untuk anak balita, ada bantuan ibu atau ayah sebagai Orangtua untuk membantu anak, sehingga tercipta komunikasi yang sehat sehingga membuat anak semangat / termotivasi.

Kita bisa membuat kegiatan ini sebagai kesempatan bertanya untuk memancing imajinasi mereka. Baik juga untuk mengalihkan anak terhadap ketergantungan terhadap gadget.

gambar kolase

Emil Bermain Kolase.

Walaupun tidak seutuhnya Emil menyelesaikan gambar kolase hewan, karena sebagian ada bantuan saya di sana. Emil senang apalagi hasil kolase tersebut membentuk bebek lucu berwarna kuning. Banyak pertanyaan yang meluncur dari mulut Emil dan saya.

Seperti bebek ini makannya apa ? dia sedang apa ? ini tempel dimana ? dan lain sebagainya.

Tambah senang ketika pulang pun dia membawa hasil karya dan hadiah puzzle karena berani tampil.

Yuk dicoba, murah meriah dan mudah. Semoga bermanfaat.postingan saya tentang membuat gambar kolase untuk anak usia dini

Instagram : Bermain Bersama

6 komentar untuk “ Membuat Gambar Kolase Untuk Anak Usia Dini ”

  1. Fanny F Nila berkata:

    ohhhh anakku sukaaa bgt permainan ini. biasanya kalo ga pake kertas, pake glitter juga yg wrna wrni.. yg si adeknya awal2 msh blm rapi, tp skr udh ada kemajuan bisa ga keluar2 dari garisnya :D. lumayanlah mereka bisa anteng kalao dikasih mainan begini 😀

    1. megasavithri berkata:

      wahh hebat..tapi lumayan mengurangi penggunaan gadget pada anak ya mb 🙂

  2. thya berkata:

    wah seruu banget permainannya..
    orang tua dan anak bisa kolaborasi bareng yaa.. seruu.. ini dimana mba?

    1. megasavithri berkata:

      di sidoarjo mba 🙂

  3. Wahhh anakku dulu suka main begini. Sekarang sudah aga besaran. Mainannya udah sepeda, susah diajak “duduk bersama”

    1. megasavithri berkata:

      mungkin bisa sepedaan bareng sama anak mba hehe 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares