Kegiatan Anak PAUD : Mencocok Dan Menempel

Kegiatan anak PAUD


Kegiatan anak paud – Tahun ini Alhamdulilah Emil sudah masuk sekolah PAUD. Sayangnya Emil masuk di tengah semester. Alasannya karena Emil gak sabar mau masuk sekolah, padahal emaknya ini pengen dia masuk ketika usianya 4 tahun, tepat ketika sekolah  mulai membuka pendaftaran baru.

Ya sudahlah, asal anak senang selama itu positif. Saya masukkanlah dia ke PAUD ketika usianya masih 3,5 tahun.

Alhasil dia tertinggal pembelajaran awal. Untungnya emil masih bisa mengikuti. Seperti pengenalan abjad, berhitung dan hijaiyah.

Hanya menempel dan membuat garis /tulis saja dia masih belum terbiasa. Ya  mungkin karena selama dia di rumah saya kurang mengenalkan kegiatan menempel,menggunting dan membuat garis.

Sampai pada suatu hari, dari hasil googling cara membuat mainan sederhana yang menarik, akhirnya saya membuatkan suatu kegiatan mencocok dan menempel diagram sederhana.

Ide ini muncul karena, setiap kali Emil pulang sekolah, saya sering meminta dia menceritakan tentang kegiatan dia. Emil selalu menjawab, main gunting dan tempel.

“Emil di sekolah kemaren main gunting kertas sama tempel buah “

Kebiasaan Emil kalo ngobrol mengenai waktu selalu memakai kata ‘kemarin’ dan ‘dulu’, padahal kegiatan yang dia lakukan baru saja berlangsung.

“Emil suka main tempel-tempel ?” Tanya saya

“iya, buatin tempel-tempel mak “

Mulailah penelusuran saya mencari kegiatan gunting tempel sederhana yang bisa dilakukan Emil sekaligus dia bisa memainkannya.

“yok kita buat tempel-tempel, mau ? ” kata saya

“MAU..!” kata emil semangat

Jadi seharian kemarin saya dan Emil mencari bahan serta membuat kegiatan kesukaannya :

  1. Diagram Tinggi dan Rendah ( mencocok, menempel dan mengenal warna )
  2. Wayang Wajah ( mengenal ekspresi )

Kegiatan anak PAUD Mencocok dan Menempel

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kegiatan ini sederhana banget. Semua bahan bisa saya dapatkan dari dalam laci rumah, kecuali lem kerta yang harus beli.

Berikut bahan yang diperlukan :

  1. Gunting
  2. Kertas putih HVS / buku gambar
  3. Kertas warna warni / Kertas origami

Cara membuatnya pun sangat mudah. Ini cocok banget untuk mengenalkan kepada anak tentang perbedaan  tinggi rendah , warna, melatih motorik halus dan fokus /konsentrasi.

Cara membuatnya :

  1. Gambar diagram balok / batang. Bentuk paling rendah hingga tinggi di kertas putih / buku gambar. Gambar ini nantinya akan menjadi area untuk menempel.
  2. Gambar lagi diagram balok / batang dengan ukuran yang sama namun kali ini di kertas berwarna. Setelah selesai gunting sesuai bentuk. Potongan ini nanti akan di tempel di atas kertas hvs yang sebelumnya sudah digambar bentuk diagram.
  3. Selesai

Cara Bermain :

Nah sekarang ajak anak untuk menempel dan mencocokan kertas warna-warni yang sudah di potong tadi ke atas kertas putih, sesuai bentuk dan potongan diagram batang yang sudah digambar di tempat yang sudah ditentukan.

Manfaat mencocok dan menempel diagram batang

  • Melatih konsentrasi anak
  • Melatih motorik halus
  • Anak mampu mengenal perbedaan tinggi dan rendah, selain itu anak juga bisa sekaligus belajar mengenal warna.

Selamat mencoba ya semoga bermanfaat.

4 komentar untuk “ Kegiatan Anak PAUD : Mencocok Dan Menempel ”

  1. Reyne Raea berkata:

    Saya dulu taunya kegiatan gini setelah anak saya sekolah mba, sungguh ku mamak2 kudet.

    Waktu itu juga heran, ngapainnn sekolahnya suka bikin kertas2 gaje gitu, ternyata manfaatnya banyak hahaha

    1. megasavithri berkata:

      hueheheh..iya mb. apalagi anak cilik seneng bgt nempel nempel sederhana kayak gini.

  2. thya berkata:

    jadi ingat saya dulu jaman TK juga pernah nempel2 kertas begitu. hehe..

    ternyata bagus ya buat stimulasi motorik halusnya..

    1. megasavithri berkata:

      saya malah lupa kegiatan ketika TK saya ngapain aja hueheheh :). tp cukup menyenangkan buat anak cilik y mba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares