Mainan Anak DIY Senter Kertas Untuk Emil

Mainan DIY

Anak ku mesti begitu. Minta dibuatin mainan DIY. Udah dibuatin, eh sebentar aja mainnya terus di tinggal main yang lain.

Emang buat apaan sih mak?

Kemarin dia tiba tiba minta buatin mainan senter. Mana paham emaknya ini, apalagi suruh buat senter mainan. Yang buat senter mainan kan pabrik.

“ Ini loh maaak yang senter senter kayak gitu loh” jelas si bocah sambil berusaha nunjukin salah satu video di yutub yang baru saja dia tonton. Tapi berakhir dia kesulitan mencari karena udah ketutup video yang lain.

Si bocah berusaha menjelaskan. saya berusaha untuk memahami dan mengingat ingat, sambil membantunya mencari video mainan DIY yangdia maksud. Taraaa..

“ Ini kah mil mainan senter itu?” Tanya saya sambil menunjuk salah satu video di yutub.

DIY mainan itu  pernah ingin saya buat untuk main main Emil. Tapi tahukah anda itu hanya rencana tanpa realita. Suka mellihat tapi malas membuat. Tutorial hanya berakhir di memory HP. Maklumlah ibuk bukan sejenis mama mama rajin yang buat DIY untuk anaknya.

 Si bocah akhirnya yang memaksa saya untuk membuat.

Tutorial Mainan Anak DIY Senter

Kemudian saya bukalah hasil save-an saya di HP. Kalau yang di video tutorial. Mainan ini menggunakan kantung plastic bening model map yang biasa untuk nyimpan dokumen / kertas file . Nah saya pakai plastic pembungkus baju. Kebetulan stok banyak karena saya jualan produk aksesories anak. nah bisa intup jualan saya di sini. Lahhh malah jualan HAHAHA.

Berikut bahan-bahan yang diperlukan membuat mainan DIY senter kertas.

  1. Kantung plastik bening bisa boleh pakai map bening kantong dokumen.
  2. Spidol permanen
  3. Kertas hitam / kertas manila warna hitam
  4. Kertas tebal. Kalau tidak ada pakai kertas biasa saja ( untuk membuat senter )
Membuat gambar hewan hewan laut terlebih dahulu di atas plastik menggunakan spidol

Cara membuat :

  1. Buat gambar hewan hewan laut terlebih dahulu menggunakan spidol permanen di bagian luar kantong plastic. Untuk sepidol lebih menariknya sih yang berwarna. Namun karena di rumah saya adanya spidol permanen warna hitam, jadi semua hewan laut  di gambar berwarna hitam. HAHAH
  2. Setelah jadi. Masukan kertas manila hitam ke dalam kantung plastic yang sudah di gambar di bagian luar tadi.
  1. Buat Senter di atas kertas putih biasa. Kalau saya pakai kertas glossy tebal sisa ngeprint logo. Sumpah nie emaknya gak mau rugi HAHHAHA.
  2. Kemudian gunting pola senter kertas tersebut.
  3. Jadi. Siap dimainkan

Mainan ini saya buat dua versi. Versi bagian depan bergambar hewan-hewan laut sedangkan di bagian belakang di gambar hewan-hewan yang ada di hutan.

Baca juga : Membuat kolase

Tentu saja yang menggambar semua adalah pak suami. Saya hanya menyiapkan bahan. HIHIHI.

Tapi seperti yang saya sedikit curcol di atas ketika maianan selesai di buat. Ada fakta lain yang muncul :

  1. Ternyata Emil hanya mainkan sebentar. Kemudian dia memilih mainan yang lain. Bersepeda bersama temannya di luar
  2. Saya yang bermain. Ngajak si bocah mencari hewan-hewan yang ada di dalam gambar dengan senter kertasnya.
  3. Sesekali Emil memainakannya
  4. Pernah di bongkar Emil. Kertas hitam di keluarkan dari dalam plastic. Kemudian dia kesulitan untuk mengembalikannya lagi ke dalam.
  5. Tergeletak begitu saja di atas meja. Sampai dia mencarinya kembali.

Tapi lumayan lah ya  buibuk bisa jadi variasi bermain yang lain untuk anak di rumah. Tertarik untuk membuat. Mudah kok.

Triiing…

Sharing is caring!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *