Cara Mudah Membersihkan Kamera HP

Beberapa waktu yang lalu kamera Hp saya Sony Xperia Z1 hasil jepretannya tidak memuaskan, setiap kali saya mengambil gambar hasil yang terlihat seperti ada cahaya pendar, tidak bening dan tajam. Awalnya saya anggap biasa saja toh nanti juga akan berubah sendiri, pikir saya,namun lama kelamaan saya heran kok efek glow nya semakin heboh dan mengganggu ya, setelah saya bandingkan dengan hasil jepretan terdahulu dengan kamera yang sama, hasil lebih bagus dan bening.

Lalu ada apa dengan kamera HP saya?

Saya memang kerap kali membawa HP tersebut kemana mana, apalagi kalau sambil mengajak mainan Emil atau sekedar jalan jalan keluar, HP jangan sampai terlupa,yah maklum buat mengabadikan momen lucu si anak, edit sana sini sedikit,upload deh ke Instagram..hehe.

HP selalu saya tenteng sekena nya, kadang masuk kantong celana, baju, tas bahkan kresek belanjaan. Duh mak untung ga ikut masuk ke dalam kutang. Kesembronoan saya itulah kemungkinan yang membuat lensa kamera HP saya menjadi ngeglow tak terkira, padahal umur Hp masih termasuk baru, belum setahun.

Hasil googling sana sini oleh pak suami, dicobalah segala sesuatu yang memungkinkan untuk mengembalikan bening nya lensa kamera hp saya,seperti :

  1. Menjemur kamera ( lensa tidak menghadap cahaya matahari langsung) , cukup terkena sinar nya saja. Menurut pak suami kemungkinan ada embun terjadi di dalam lensa dan untuk menghilangkannya adalah dengan dijemur beberapa menit. Hasilnya tidak banyak membantu, kamera masih ngeglow dan hasil tetap tidak bening.
  2. Mengosoknya dengan pasta gigi, karena menurut pak suami lagi, bisa jadi terdapat goresan halus pada lensa, sehingga untuk menghilangkan nya adalah dengan memberikan sedikit pasta gigi pada kapas,lalu digosok kan secara perlahan dengan gerakan melingkar di atas lensa kamera dan lagi lagi cara tersebut juga tidak terlihat perubahan.
  3. Percobaan ketiga adalah menggosok dengan minyak kayu putih, namun karena tidak ada minyak kayu putih maka saya coba pakai minyak telon, yang biasa saya oleskan ketubuh Emil kalau habis mandi. jika usaha yang ini tidak berhasil, terpaksa saya harus bawa ke tempat servis. Saya cobalah dengan meteskan sedikit minyak telon keatas kapas, secara perlahan saya usap melingkar di atas lensa kamera HP saya, setelah itu saya lap dengan kapas kering / lap kaca mata. Hasilnya taraaaa… kamera saya kembali bening dan gak nge-glow lagi.Yipeee….!!

Yah begitulah, hasil percobaan saya untuk menembalikan lensa HP agar bening kembali. Oh iya untuk membersihkan lensa atau layar Hp, saya anjurkan jangan menggunakan tisue toilet dengan permukaan kasar, ada baiknya lap kaca mata atau kapas/kain yang lembut.

Hasil percobaan ke 3

Jika ingin mencobanya, lakukanlah dengan penuh kehati-hatian agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan dan tempatkanlah gadget dengan baik.

Terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat ya 🙂

15 komentar untuk “ Cara Mudah Membersihkan Kamera HP ”

  1. Amelia Fafu berkata:

    Waah, tipsnya keren… Save dulu ah. Makasih Mba udah share pengalamannya. Alhamdulillah ya, kamera hp nya kece lagi 🙂

    1. megasavithri berkata:

      iya mba.. terimakasih juga sudah berkunjung 🙂

  2. Fanny F Nila berkata:

    Siiip, jd pake minyak kayu putih ato telon berhasil yaaaa. Kapan2 bisa aku coba kalo lensa hp ku burem 🙂

    1. megasavithri berkata:

      iya mba silahkan dicoba semoga berhasil 🙂

  3. Dessy Natalia berkata:

    Wah, terima kasih tips nya Mbak 🙂

    1. megasavithri berkata:

      sama sama mba..:)

  4. Anindita Ayu berkata:

    Save dulu mbak, bermanfaat banget nih. Antisipasi kalau kamera hp jadi begini..

    1. megasavithri berkata:

      silahkan mba 🙂

  5. Ceritaeka berkata:

    Wah tipsnya sederhana tapi baguuuuss.
    Aku mau coba ah. Thanks ya, Mbak.

    1. megasavithri berkata:

      sama sama mb 🙂

  6. muti mimut berkata:

    Minyak telon atau minyak kayu putih ternyata berkhasiat membersihkan debu-debu yang menempel

    1. megasavithri berkata:

      bisa jadi mba, mgkn ada debu yang gak bisa hilang hanya dengan di lap kering saja 🙂

  7. Dihan Nija berkata:

    info yang bagus, makin banyakin info lainnya.

  8. imeldasutarno berkata:

    mbak terima kasih tipsnya ya. Kamera hp ku juga perah ngeglow gini. Tapi karena gak tau caranya, jadi ya waktu itu endingnya di tukang servis hiks hiks 🙁

    1. megasavithri berkata:

      iya mba, terimakasih kembali 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

shares