Bermain Sambil Belajar Warna # DIY Boneka Jari Flanel Warna Warni

DIY- Do It Yourself
Ban karet pelapis roda, berhasil dipretelin Emil

Ide dan kreativitas yang muncul pada anak itu biasanya terlihat abstrak dan kurang dimengerti oleh orang tua. Kalau bisa diperhatikan anak terkadang membuat teknik bermainnya sendiri sesuai imajinasi, mencontoh lalu mengaplikasikanya dengan mainan yang ada di sekitar.

Seperti yang Emil lakukan, kebetulan saat itu dia lagi asyik bermain dengan mobil kecilnya, kebiasaan Emil suka banget yang namanya mretelin mainannya sendiri.

“Mil rodanya jangan dipretelin yaaa..jangan dibuang”

Emil diam, saya yang sedang baca buku sejenak nengok, ngapain nih anak anteng bener..

Ya Allah, ternyata rodanya benar benar dipretelin, lebih tepatnya sih karet pembungkus roda, gak cuman satu tapi keempatnya, setelah semua ban karet mainannya lepas, dipasanglah di jari tangannya, sambil sebentar bentar ngelirik ke ipad nya dan bergumam “mami aryuuu..aryuu..” sambil menggerakan jari jarinya mengikuti irama musik.

Ternyata Emil sedang menonton youtube baby finger, karena tidak ada boneka jari atau sesuatu yang bisa masuk ke jari kecilnya, akhirnya dipretelin lah karet roda mobil mainannya.

Pak suami yang kebetulan lewat, langsung aja bilang.

“yuk besok kita ke toko jahit “

Bahan yang diperlukan

  1. Kain flannel 5 lembar dengan warna berbeda
  2. Mata boneka
  3. Lem
  4. Gunting

Kalau dihitung hitung biaya yang dikeluarkan sekitar Rp. 13.000, Meliputi :

  1. Lima lembar kain flanel Rp 10.000
  2. Mata boneka 1 lusin Rp 2.000
  3. Satu buah lem tembak Rp. 1.000

Cara membuat

  1. Sebagai polanya letak kan jari di atas kain flannel, Potong kain flanel, lebar dan tinggi menyesuaikan bentuk jari.
  2. Gunting kain sesuai pola ( persegi ).
  3. Rekatkan bagian sisinya.
  4. Beri mata dan mulut, untuk mulut saya hanya menggunakan flanel yang dipotong elips / oval

Dan mainan anak balita menggunakan boneka jari buatan bapak Emll, telah jadi.

Karena warna warni, membuat anak bisa bermain sambil belajar tentang warna, lirik lagunya juga diganti bukan baby finger tapi diganti nama warna tersebut.

“blue finger..blue finger where are you..here i’am..here I’am..how do you do”

Atau diganti menggunakan bahasa indonesia, juga bisa.

Karena si bocah udah gak sabar ingin memainkan, boneka jari yang bapak Emil buat ini sangat sederhana, hanya potong, lipat, gulung dan tempel,

Jadi ini masih bisa dikreasikan lagi sesuka hati.

Mungkin bisa juga dibuat dengan menambahkan rambut, topi, dibuat bentuk angka, hewan, atau alat tranportasi, .

DIY mainan anak balita ini juga dapat dimainkan untuk anak usia 18 bulan – 24 bulan.

Manfaat permainan boneka jari

Menurut artikel yang pernah saya baca, permainan boneka jari ini  ternyata mempunyai manfaat, beberapa diantaranya adalah:

  1. Dengan melibatkan jari jari sebagai media bercerita, secara langsung hal ini  dapat melatih keterampilan motorik halus anak yaitu keterampilan fisik otot kecil pada anak serta koordinasi mata dan tangan.
  2. Melalui boneka jari orang tua juga bisa ikut bercerita, bermain peran atau meniru suara dari bentuk karakter boneka jari tersebut, anak jadi senang bermain dan menambah keterampilan berbahasa.

Selamat berkreasi 🙂

3 thoughts on “Bermain Sambil Belajar Warna # DIY Boneka Jari Flanel Warna Warni”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *